Main Article Content

Abstract

Tujuan: ini bertujuan untuk menganalisis (a) potensi ekonomi digital bagi pengembangan UMKM dan (b) tantangan penerapan ekonomi digital pada UMKM. Sehingga hasil pembahasan dan analisis dapat memunculkan implikasi kebijakan dalam penguatan digitalisasi UMKM guna mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif di Indonesia.


Metode Penelitian: outlines the fundamental characteristics of the research design, data collection, and analysis. It may include the sample size, geographic location, demographics, variables, controls, conditions, tests, and descriptions of the research design and sampling methodologies.


Hasil dan Pembahasan: Hasil temuan menunjukkan bahwa potensi ekonomi digital melalui e-commerce dapat membantu 56 juta UMKM yang berkontribusi sekitar 60 persen terhadap PDB. Selain itu, manfaat dari potensi digitalisasi UMKM antara lain (1) meningkatkan produktivitas, (2) efisiensi proses bisnis karena menghilangkan kendala ruang dan waktu (3) menghemat biaya operasional (transaksi, pengiriman, iklan dan transportasi), (4) memudahkan komunikasi penjual dan pembeli, (5) memperluas akses pasar dan (6) mendongkrak laba.


Implikasi: tantangan dalam penerapan ekonomi digital/digitalisasi pada UMKM adalah keamanan digital, pengendalian pajak, kesenjangan akses internet, ketimpangan digital serta tingkat kualitas dan daya saing.

Keywords

Ekonomi Digital E-commerce UMKM Pertumbuhan Ekonomi Inklusif

Article Details

How to Cite
Atmadja, F. S., Nida, R. R., & Riyantie, M. (2025). Digitalisasi UMKM Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Inklusif. The Journal of Business and Management Research, 8(1), 40–52. https://doi.org/10.55098/tjbmr.v8i1.103